• Kontak Kami
  • Hotline : SMS/WA 0857.0807.8719
  • SMS : WA 0857.0807.8719

Kontak Kami

FAST RESPON SMS/WA WA 0857.0807.8719, Silahkan Konsultasikan Masalah Anda, dengan SENANG HATI Kami melayani dan memberikan SOLUSI TERBAIK
Beranda » Artikel Terbaru » 10 Keperluan Nutrisi Ibu Hamil Trimester Ke-2 Paling Penting

10 Keperluan Nutrisi Ibu Hamil Trimester Ke-2 Paling Penting

Diposting pada 10 April 2021 oleh admin

DINZZA VITAMIN IBU HAMIL – Keperluan nutrisi ibu hamil trimester ke-2 penting untuk jadi perhatian. Meskipun tanda-tanda morning sickness mulai menyusut, tetapi Bunda jangan meleng. Konsumsi gizi masih diperlukan buat memaksimalkan perubahan janin dalam kandungan dan mengecilkan resiko keguguran.

Di umur trimester ke-2 (minggu ke-13 sampai 28) , biasanya organ badan, syaraf dan otot janin banyak yang tercipta. Peranan inderanya lebih sensitif. Janin bisa mulai mengisap, bernafas dan menelan. Keadaan ini diikuti sama ukuran kandungan yang makin jadi membesar. Umumnya Bunda akan alami pertanda perut kembung, gampang buang angin, bersendawa dan buang air kencing.

Nach, untuk menghindar resiko-risiko yang mencelakakan kandungan, berikut beberapa keperluan nutrisi ibu hamil trimester 2 yang perlu disanggupi.

Keperluan nutrisi ibu hamil trimester 3 yang pertama dan termasuk penting yaitu asam lemak omega-3. Senyawa ini sebagai asam lemak essensial atau tidak jemu yang mempunyai banyak faedah untuk badan. Menurut study, asam lemak omega-3 bisa menolong perubahan otak dan mekanisme saraf janin, memaksimalkan perubahan otot, mata dan menahan berlangsungnya cacat pada bayi. Sejumlah sumber asam lemak omega-3 yang bagus untuk ibu hamil seperti DHA (asam docosahexaenoic) dan EPA (asam eicosapentaenoic), dan ALA (asam alfa-linolenat). Beberapa pakar mereferensikan ibu hamil untuk konsumsi asam lemak omega-3 seputar 1,4 gr peram setiap hari.

Beberapa makanan sumber asam lemak omega 3 tertinggi, misalnya:

* Seafood atau ikan (misalkan ikan salmon, ikan tuna, sarden)
* Daging yam
* Daging domba
* Daging sapi tanpa lemak
* Tahu
* Kacang-kacangan
* Alpukat

Karbohidrat jadi salah satunya keperluan nutrisi ibu hamil trimester ke-2 . Karbohidrat berperanan sebagai penyuplai keperluan energi badan. Hingga ibu tidak gampang lemas atau lemas. Akan tetapi, untuk pengidap diabetes seharusnya batasi konsumsi sumber karbohidrat tertentu (seperti nasi putih) karena nasi memiliki kandungan gula lumayan tinggi yang dapat jadi parah diabetes.

Sejumlah sumber karbohidrat yang lain lebih sehat dari nasi putih, misalnya:

* Ubi jalar
* Talas
* Havermut
* Buah berri (strobery, blueberri, arbei dan beberapaya)
* Buah pisang
* Kentang
* Oat
* Nasi merah
* Roti gandum utuh

Asam folat atau dikenal juga sebagai vitamin B -12 adalah konsumsi gizi yang penting untuk ibu hamil. Baiknya, badan memerlukan seputar 400 mikrogram asam folat setiap hari. Tetapi saat hamil, kandungan yang diperlukan bertambah jadi 600 mikrogram setiap hari. Asam folat bermanfaat untuk kurangi resiko bayi lahir cacat, tingkatkan produksi sel darah merah, menahan keguguran, dan menolong perkembangan kumpulan sel tubuh pada bayi.

Sejumlah sumber asam folat, misalnya:

* Sayur (bayam, lobak, kubisa dan selada)
* Buah-buahan (mangga, jeruk, lemon, strobery, tomat, kiwi, jeruk bali dan melon)
* Kacang-kacangan (kacang polong)
* Gandum utuh (havermut, sereal, tepung jagung dan roti)

Keperluan yang lain tidak kalah penting yaitu zat besi. Mineral ini berperanan dalam menolong mekanisme pengiriman oksigen pada tubuh, tingkatkan volume darah, tingkatkan suplai energi, menolong membuat plasenta, mengecilkan risko bayi lahir prematur dan menahan berlangsungnya anemia pada ibu hamil. Menurut ahli kesehatan, ibu hamil memerlukan konsumsi zat besi 2 kali lipat semakin besar dari wanita yang tidak hamil, yaitu seputar 30 miligram setiap hari.

Sejumlah sumber makanan yang memiliki kandungan zat besi, yakni:

* Kacang-kacangan (kacang hijau, kacang polong)
* Sayur (bayam, sawi, kangkung, kubis, selada)
* Susu
* Daging sapi
* Daging unggas (misalkan daging ayam)
* Seafood

Kalsium sebagai mineral yang bisa penuhi keperluan nutrisi ibu hamil trimester ke-2 . Menurut ahli kesehatan, ibu hamil dianjurkan konsumsi kalsium seputar 1000 miligram setiap hari. Kalsium bisa menolong perkembangan tulang janin dan tentu saja berguna juga untuk ibu supaya tidak sakit tulang (misalkan saja osteoporosis, bungkung dan semacamnya). Disamping itu, kalsium dapat menolong perkembangan kuncup gigi bayi dan mengendalikan cairan pada tubuh.

Beberapa makanan sumber kalsium tinggi, misalnya:

* Susu
* Telur
* Keju pasteurisasi
* Yogurt
* Kacang putih
* Tahu
* Ikan salmon
* Kacang almond
* Kubis
* Lobak hijau

Ibu hamil benar-benar rawan alami sembelit atau sulit BAB. Karenanya, serat jadi keperluan penting saat kehamilan. Bahkan juga dianjurkan untuk dimakan tiap hari. Beberapa faedah serat untuk ibu hamil yaitu memperlancar proses pencernaan, menahan berlangsungnya intoleransi glukosa yang disebut penyebab penyakit diabetes, kurangi resiko pre-eklamsia, turunkan resiko kanker endometrium, kanker kolon dan payudara, dan menahan kanker ovarium atau kanker serviks. Keperluan serat yang dianjurkan untuk ibu hamil yaitu seputar miligram setiap hari.

Sejumlah sumber makanan yang memiliki kandungan serat tinggi, misalnya:

* Sayur hijau (terong, brokoli, bayam, kangkung, sawi, kubis dan semacamnya)
* Kacang-kacangan (kacang panjang, kacang almond, dan semacamnya)
* Buah-buahan (pisang, buah pir, pepaya, blackberri, stroberi)

Keperluan nutrisi ibu hamil trimester ke-2 selanjutnya ialah vitamin C. Vitamin ini dikenali sebagai peningkat mekanisme ketahanan tubuh. Disamping itu, vitamin C dapat mempertahankan kesehatan ibu hamil dan janinya , loh! Vitamin C menolong peresapan zat besi pada tubuh, meningatkan peranan paru-paru, menolong pengobatan cedera, mengomptimalkan proses metabolisme, dan mendukung perkembangan tulang dan persendian. Beberapa pakar merekomendasikan supaya ibu hamil konsumsi vitamin C minimal seputar 85 miligram setiap hari.

Sumber vitamin C sendiri bisa diketemukan pada sayur dan buah-buahan, misalkan:

* Sayur (Paprika, brokoli, kubis, kembang kol, mangga)
* Buah-buahan (jeruk, tomat, strobery, mangga, apel, jeruk bali, melon, kiwi, lemon)

Vitamin B6 digolongkan dalam keperluan nutrisi ibu hamil trimester ke-2 . Konsumsi vitamin B6 sepanjang kehamilan bisa menolong kurangi tanda-tanda muntah dan mual, menangani permasalahan anemia, menolong pembangunan sel darah merah, tingkatkan ketahanan tubuh, jaga kestabilan peranan syaraf, dan memaksimalkan proses metabolisme.

Sejumlah sumber makanan yang memiliki kandungan tinggi vitamin B6 (piroksidin), salah satunya yakni:

* Pisang
* Susu
* Bayam
* Telur
* Wortel
* Sereal
* Daging
* Kacang-kacanga
* Ikan-ikanan
* Keju

Ibu hamil juga disarankan untuk tingkatkan konsumsi mineral zink. Mineral ini bisa memaksimalkan proses tumbuh berkembang janin dalam kandungan, menolong pembangunan DNA janin, memperlancar metabolisme badan, menghindar bayi lahir prematur, keguguran dan permasalahan kehamilan yang lain.

Beberapa makanan sumber zink, misalnya:

* Daging sapi
* Hati sapi
* Ikan salmon
* Keju
* Susu
* Kacang almond
* Kacang mete
* Biji labu
* Biji bunga matahari
* Tahu
* Tempe
* Beras merah

Air putih diperlukan oleh ibu hamil. Fungsinya untuk menahan dehidrasi, menolong keluarkan racun dari pada tubuh, kurangi morning sickness, memperlancar prederan darah, dan menolong peresapan gizi. Seharusnya konsumsi air putih seputar 8-10 gelas setiap hari sepanjang kehamilan.

Beberapa hal yang lain harus jadi perhatian ibu Hamil

Kecuali penuhi konsumsi nutrisi badan, ada beberapa hal yang lain harus juga jadi perhatian oleh ibu hamil buat jaga kandungan supaya masih sehat. Salah satunya yakni:

* Jauhi makanan yang diolahan 1/2 masak atau mentah, karena ditakuti makanan tersebut terkena bakteri salmonella atau parasit toxoplasma.
* Jauhi beberapa orang perokok, karena asap tembakau dapat mencelakakan janin dalam kandungan
* Tidak boleh konsumsi alkohol atau merokok
* Awasi atau bahkan juga jauhi mengonsumsi minuman mengandung kafein, seperti soda dan kopi
* Rutinlah lakukan olahraga enteng, atau Anda bisa juga mengikut senam hamil. Rutinitas ini bisa menolong memperlancar proses persalinan dan membuat badan lebih sehat
* Upayakan meluangkan waktu untuk berjalan saat pagi hari
* Berenang bagus untuk ibu hamil. Tetapi yakinkan Anda dipantau oleh pakarnya dan konsultasilah sama dokter lebih dulu
* Cukupkan waktu untuk istirahat
* Tidak boleh duduk kelamaan
* Awasi konsumsi junk food atau makanan cepat sajian
* Jauhi penggunaan krim-krim pemutih atau produk skincare yang mebahayakan untuk janin
* Kadang-kadang pergilah liburan untuk mengecilkan resiko depresi

Demikian beberapa keperluan nutrisi ibu hamil trimester ke-2 dan beberapa hal yang lain harus jadi perhatian sepanjang kehamilan. Mudah-mudahan berguna dan bisa menolong.

Bagikan informasi tentang 10 Keperluan Nutrisi Ibu Hamil Trimester Ke-2 Paling Penting kepada teman atau kerabat Anda.

10 Keperluan Nutrisi Ibu Hamil Trimester Ke-2 Paling Penting | Vitamin dan Nutrisi Ibu Hamil Terbaik | 085784872159 (CALL-WA)

Belum ada komentar untuk 10 Keperluan Nutrisi Ibu Hamil Trimester Ke-2 Paling Penting

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR